Tips Mencegah Pencurian Sepeda Motor Kesayangan Biker

Data Statistik Kriminal salah satunya di wilayah hukum Polda Metro Jaya menunjukkan bahwa kejahatan pencurian kendaraan (curanmor) berada di ranking pertama. Untuk mencegah terjadinya pencurian sepeda motor yang marak terjadi, berikut tips yang dapat biker lakukan:

1. Gunakan kunci ganda

Kunci standar yang biasa digunakan oleh pabrikan sepeda motor mudah dijebol oleh pencuri. Hal ini karena kunci tersebut diaplikasikan untuk umum yang mana seringkali berhasil diakali oleh para pelaku pencurian. Untuk itu ada baiknya jika biker menambahkan kunci ganda untuk melindungi motor dari pencurian.

2. Ganti kunci starter standar dengan kunci yang lebih sulit dijebol/ditiru

Jika Biker mengunakan kunci starter yang sulit dijebol atau ditiru jelas akan mampu meningkatkan keamanan dari sepeda motor itu sendiri.

3. Gunakan kunci rahasia yang benar-benar rahasia

Kunci ini biasanya terhubung dengan kelistrikan motor. Si pencuri tidak akan bisa menghidupkan mesin meskipun sudah berhasil membobol kunci strarter kecuali dia sudah mengetahui rahasianya, yang kemungkinan besar dari Biker sendiri. Kunci ini sudah banyak yang dijual instant di pasaran dengan menggunakan semacam password. Biker bisa juga membuat sendiri jika mengerti :) . Tapi jangan sampai Biker sendiri pun tidak bisa menyalakan motor.

4. Gunakan alarm

Sebaiknya alarm yang benar-benar berkualitas dan bukan yang asal berisik :D . Sebab jika suatu saat konslet, maka Biker terpaksa mematikannya, dan itulah saat yang ditunggu-tunggu oleh pencuri. Kadang-kadang mereka sengaja menyenggol motor Biker berkali-kali sehingga Biker berpikiran bahwa alarm motor mengalami konslet dan menonaktifkannya

5. Asuransikan motor Biker

Ini sebenarnya bukan tergolong langkah pencegahan. Ini adalah langkah recovery terhadap sakit hati Biker akibat motor kesayangan raib dicuri orang. Pilihlah asuransi yang direkomendasikan oleh ATPM. Dan saat ini semua motor yang dibeli dari dealer atau dibeli dengan metoda kredit biasanya telah dilindungi dengan asuransi. Tapi jangan sampai lupa menunda-nunda untuk memperpanjang asuransi apabila kontraknya sudah habis.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat bagi biker semua ;)

Sumber : motodream

VN:F [1.9.8_1114]
Rating: 0.0/10 (0 votes cast)
VN:F [1.9.8_1114]
Rating: 0 (from 0 votes)

About admin